Apa Kegunaan Natrium Benzoat Itu? Ini Dia Daftarnya

kegunaan natrium benzoat

Natrium benzoat ternyata memiliki banyak kegunaan di samping sebagai bahan pengawet makanan dan minuman.

<

Natrium benzoat – dengan rumus kimia NaC6H5COO – adalah bahan pengawet makanan yang biasa ditemukan pada produk-produk seperti minuman bersoda, makanan dalam kaleng, lemon jus dalam botol, jelly dan kecap.

Natrium benzoat sendiri diproduksi dari asam benzoat dan sodium hidroksida. Bentuknya powder berwarna putih dan tidak berbau.

Sampai dengan saat ini penggunaan natrium benzoat masih diperbolehkan. Di Amerika Serikat, ia dikelompokkan ke dalam Generally Recognized As Safe (GRAS) oleh FDA.

Lalu apa sih kegunaan natrium benzoat selain sebagai bahan pengawet makanan?

Ini dia penjelasannya.

Kegunaan Natrium Benzoat Yang Perlu Anda Tahu

  1. Natrium benzoat digunakan sebagai bahan pengawet juga pada beberapa macam obat seperti sirup obat batuk.
  2. Natrium benzoat digunakan pula pada proses pembuatan tablet, agar tablet menjadi transparan, halus dan ketika diminum ia menjadi lebih mudah hancur.
  3. Pada kasus kandungan amonia yang tinggi dalam darah, bahan kimia ini dianjurkan pula untuk diminum sebagai obat. Karena kandungan amonia yang tinggi dalam darah sangat berbahaya.
  4. Pada industri pembuatan kosmetik dan produk perawatan seperti sampo, pasta gigi dan mouthwash, bahan kimia yang satu ini juga digunakan sebagai bahan pengawet.
  5. Natrium benzoat berfungsi juga sebagai bahan kimia pencegah korosi. Ia biasanya ditemukan pada cairan pendingin mesin kendaraan atau coolant.
  6. Pada dunia fotografi, ia juga digunakan sebagai stabilizer pada pemrosesan foto.
  7. Pada beberapa jenis plastik, natrium benzoat digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki kekuatan plastik.
  8. Nah, bagi anda yang gemar akan kembang api, ternyata bahan kimia yang satu ini digunakan pula proses pembuatannya, yaitu untuk menciptakan suara siulan pada saat kembang api dinyalakan.
  9. Pada proses pembuatan bir, natrium benzoat digunakan sebagai bahan untuk mencegah terjadi proses fermentasi pada bir.
Referensi:
1. www.healthline.com/nutrition/sodium-benzoate#uses
2. www.foodadditivesworld.com/articles/sodium-benzoate.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *