10 Kegunaan NaOH (Natrium Hidroksida) Dalam Kehidupan Sehari-hari

kegunaan natrium hidroksida dalam kehidupan sehari hari

Kali ini kita akan belajar mengenai kegunaan NaOH atau natrium hidroksida. Dari sekian banyak kegunaannya, kita akan lihat 10 diantaranya.

Oke, mari kita mulai.

Anda tentu biasa menggunakan sabun dan deterjen untuk keperluan sehari-hari, bukan? Tapi, tahukah anda bahwa sabun dan deterjen menggunakan NaOH atau natrium hidroksida sebagai salah satu bahan bakunya?

Fungsi NaOH dalam pembuatan sabun adalah sebagai bahan baku utama selain minyak atau lemak. Ketika NaOH atau sodium hidroksida dicampurkan dengan minyak atau lemak, maka saponification reaction terjadi. Hasilnya, terbentuklah sabun.

Tentu masih banyak kegunaan NaOH lainnya bagi kehidupan kita.

Namun, sebelum menjelaskan kegunaan atau manfaat NaOH lainnya, alangkah lebih baik kita mengenal lebih jauh mengenai beberapa sifat penting dari NaOH. Dan juga bahayanya.

Sifat Kimia NaOH dan Bahaya NaOH

Sebenarnya, NaOH atau natrium hidroksida, yang sering disebut juga dengan caustic soda, termasuk dalam kelompok bahan kimia B3 atau bahan berbahaya dan beracun. Jadi, berhati-hatilah ketika anda menanganinya.

Salah satu sifat kimia NaOH yang terpenting adalah korosif. Ya, NaOH sangat korosif. Dan ia adalah salah satu basa terkuat.

Kalau anda buka MSDS NaOH, anda akan temukan bahwa NaOH dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Bahkan, ia bisa menyebabkan kornea mata anda rusak dan mata anda buta!

Jadi, berhati-hatilah.

Di pasaran, biasanya NaOH dijual dalam bentuk larutan dalam air, dengan konsentrasi 48%, atau dalam bentuk padatan berwarna putih. Dalam bentuk padat, NaOH biasa disebut juga dengan flake NaOH.

Tapi, perlu diingat bahwa terlepas dari bentuk natrium hidroksida, bahayanya tetap sama.

Baik, sekarang kita lanjutkan pembahasan kita mengenai kegunaan NaOH.

10 Kegunaan NaOH

kegunaan naohSelain sebagai bahan baku pembuatan sabun dan deterjen, NaOH atau kaustik soda banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk-produk di dalam industri kimia.

Tak cuma sebagai bahan baku, NaOH juga banyak digunakan secara langsung.

Berikut ini adalah 10 kegunaan natrium hidroksida dalam kehidupan sehari-hari dan industri:

  1. NaOH digunakan secara langsung untuk mengendalikan tingkat keasaman atau pH pada fasilitas pengolahan air atau water treatment.
  2. Anda tahu natrium hipoklorit atau NaOCl? Natrium hipoklorit biasa digunakan sebagai bahan kimia untuk disinfektan dalam pengolahan air, termasuk air industri. Ternyata, NaOH adalah salah satu bahan baku pembuatan NaOCl dalam skala industri.
  3. NaOH juga sering digunakan pada proses regenerasi anion resin yang terdapat pada anion exchanger, pada unit pembuatan air bebas mineral atau purified water.
  4. NaOH merupakan salah satu bahan kimia terpenting dalam industri kertas. Untuk apa? Ternyata NaOH atau natrium hidroksida yang dicampur dengan natrium sulfida, digunakan sebagai larutan untuk membersihkan selulosa kayu dari material yang tidak diinginkan.
  5. Dalam industri daur ulang kertas, NaOH dimanfaatkan untuk memisahkan tinta dari serat kertas, sebelum digunakan kembali.
  6. Jika anda pernah mengalami masalah saluran pembuangan dari dapur yang mampet, maka biasanya NaOH akan digunakan sebagai bahan kimia anti-mampet. Kok bisa? Ya bisa. NaOH yang dimasukkan ke dalam saluran air buangan akan bereaksi dengan minyak atau lemak yang menyebabkan saluran tersumbat. Hasilnya, terbentuklah sabun dan panas reaksi. Sehingga dengan mudah saluran bisa lancar kembali.
  7. NaOH juga memegang peranan penting dalam industri minyak dan gas. Ia digunakan untuk mengendalikan alkalinitas dan pH, dan menguraikan material organik.Selain itu, ia juga dimanfaatkan untuk menghilangkan gas-gas pengotor seperti senyawa sulfur dan karbon dioksida.
  8. Natrium hidroksida juga digunakan dalam proses produksi epoxy resin.
  9. Anda tentu sudah mengenal atau mendengar fuel cell. Ternyata NaOH digunakan dalam proses produksi fuel cell.
  10. Dalam dunia kesehatan, NaOH dimanfaat pula dalam pembuatan berbagai macam obat dan produk farmasi seperti anticoagulant, obat untuk mengurangi kolesterol dalam darah dan obat penghilang rasa sakit.

 

2 Komentar

  1. Ary Asteti Balas

    Intinya Sodium hidroxid ini sangat korosif, trus gimana sabun yg bahan bakunya dari itu? Brati ga usah pake sabun itu y?

    • lukman143 PenulisBalas

      Jangan khawatir. Karena sabun yang kita pakai bukan lagi NaOH. Sabun adalah senyawa baru hasil reaksi antara NaOH atau KOH dengan minyak (fatty acid) melalui reaksi saponification. Sabun tentu memiliki sifat kimia yang berbeda dengan NaOH. Buktinya, selama ini ketika kita mandi dan menggunakan sabun tidak ada masalah bukan?

Tinggalkan Balasan