10 Kegunaan Asam Klorida (HCl) Yang Harus Anda Ketahui

bahaya asam klorida

Kali ini kita akan belajar mengenai kegunaan asam klorida dalam industri dan kehidupan sehari-hari.

Untuk mengingatkan anda akan bahan kimia yang satu ini, anda tentu pernah mendengar asam lambung, bukan? Nah yang dimaksud dengan asam lambung adalah asam klorida, dengan rumus kimia HCl.

Sebagai tambahan informasi, asam klorida sering disebut juga dengan muriatic acid.

Menurut AmericanChemistry.com, 25% asam klorida atau HCl yang diproduksi di Amerika Serikat digunakan dalam industri pengolahan baja.

Dalam industri pengolahan baja, asam klorida digunakan untuk membersihkan karat dan kerak dari permukaan baja, sebelum baja dilapisi dengan coating protection atau lapisan pelindung.

Proses pengolahan baja dengan asam klorida ini disebut dengan pickling process.

Selain digunakan untuk pickling process, asam klorida banyak digunakan pula untuk keperluan lain.

Apa saja kegunaan lain dari asam klorida?

Yuk, mari kita simak.

10 Kegunaan Asam Klorida

kegunaan asam kloridaSelain untuk pickling process pada industri baja, asam klorida juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau kegunaan asam klorida untuk industri.

  • Asam klorida atau HCl digunakan sebagai bahan kimia untuk meregenerasi resin kation yang sudah jenuh pada cation exchanger column, yang terdapat dalam fasilitas produksi air demineralisasi.
  • HCl digunakan dalam proses produksi vinyl chloride, yaitu bahan baku pembuat plastik PVC atau polyvinyl chloride.
  • Asam klorida digunakan pula untuk proses pemurnian garam dapur.
  • Untuk keperluan pengaturan tingkat keasaman atau pH, peranan asam klorida juga sangat penting, yaitu diantaranya untuk mengatur pH pada air limbah.
  • Asam klorida terdapat pada produk rumah tangga seperti pembersih porselen. Dengan baunya yang sangat khas, anda akan dengan mudah dapat mengenali keberdaan asam klorida ini pada produk tersebut.
  • HCl dimanfaatkan untuk proses pengolahan kulit.
  • Asam klorida digunakan sebagai bahan baku pembuatan senyawa fluorocarbon seperti tetrafluoroethene, monomer dari poly(tetrafluoroethene).
  • Ia digunakan pula dalam proses pembuatan senyawa anorganik seperti alumunium klorida.
  • Asam klorida digunakan pula pada proses produksi magnesium dan titanium.
  • Untuk menghilangkan noda di kamar mandi dan dapur, anda dapat pula menggunakan asam klorida ┬ásecara langsung. Tentu saja setelah anda encerkan. Namun perlu diingat, asam klorida sangat korosif. Gunakan alat pelindung diri yang sesuai.

Hal-hal Lain Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asam Klorida

Asam klorida merupakan bahan kimia dengan harga yang relatif murah. Pada saat artikel ini ditulis, harga cairan HCl teknis berada pada kisaran Rp.1500 per kilogram, kadar 32%, dengan kemasan jenis tanki berkapasitas 10,000 liter.

Jika anda biasa menggunakan produk-produk yang mengandung asam klorida atau HCl di dalamnya, maka berhati-hatilah dalam menanganinya.

Mengapa? Karena asam klorida adalah asam kuat yang sangat korosif. Hindari kontak langsung dengan kulit anda. Apalagi mata anda.

Selain itu, bahaya asam klorida yang lain adalah berbahaya jika terhirup karena akan menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan.

Untuk mengetahui bahaya yang lainnya dari bahan kimia B3 ini, silahkan lihat MSDS asam klorida.

Bekas kemasan dan sisa asam klorida, tidak boleh dibuang begitu saja. Karena ia termasuk limbah bahan kimia B3. Ikuti petunjuk yang ada di dalam MSDS-nya,

2 Komentar

  1. Pingback: Mari Mengenal 5 Teknik Pengendalian Bahaya di Tempat Kerja

  2. Pingback: Cara Cepat Memilih Sarung Tangan Karet Untuk Bahan Kimia

Tinggalkan Balasan