cara memilih sepatu safety

Cara memilih sepatu safety tentu berbeda dengan memilih sepatu casual untuk keperluan sehari-hari.

Model dan desain yang kekinian bukanlah kriteria utama dalam pemilihan sepatu safety.

Salah memilih sepatu safety berpotensi menyebabkan terjadinya cedera pada kaki bahkan kecelakaan kerja.

Pilihan tentu akan kita jatuhkan pada sepatu safety yang dapat melindungi kaki dari cedera, nyaman dipakai dan membantu kita dalam bekerja secara optimal.

Karena memang itulah fungsi utama sepatu safety.

Terus bagaimana cara memilih sepatu safety terbaik itu?

Ikuti yuk tips berikut ini.

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Sepatu Safety

sepatu safety terbaik

Sebelum memutuskan membeli sepatu safety, penting sekali untuk memastikan kondisi tempat kerja serta jenis pekerjaan yang akan dilakukan.

Cara termudahnya tentu saja anda harus datang langsung ke tempat kerja. Perhatikan dengan seksama kondisinya.

Lalu secara terperinci pekerjaan apa saja yang akan dilakukan.

Jika perlu, lakukan identifikasi secara seksama dan tertulis agar pertimbangan anda semakin matang.

Hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan? Ini dia:

  • Perhatikan peralatan atau tools apa yang mungkin bisa menggelinding saat anda bekerja. Karena ini akan berpotensi mencederai kaki anda.
  • Identifikasi benda-benda yang berpotensi jatuh di area kerja.
  • Lakukan pula identifikasi benda atau bagian alat kerja yang memiliki bagian yang tajam yang dapat menembus atau merusak sepatu safety.
  • Pastikan dengan tepat kondisi permukaan lantai kerja: berminyak, basah, bertanah, berpasir, dan lain sebagainya.
  • Dan jangan lupa identifikasi pula potensi bahaya yang ada di tempat kerja: bahaya kimia, listrik, mekanis, biologis atau termal.

Setelah hal-hal di atas selesai anda identifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memilih sepatu safety dengan spesifikasi yang tepat.

Tips Cara Memilih Sepatu Safety

Tips #1
Pilih sepatu safety dengan jenis sol luar yang memiliki kemampuan pijakan yang tepat sesuai dengan kondisi lantai kerja. Bahan yang bisa anda pilih adalah polyurethane, thermoplastic polyurethane dan karet (nitrile).

Tips #2
Pilih sepatu safety dengan tinggi antara 15-21 cm. Dengan tinggi seperti ini maka akan dapat menyokong tumit dengan sempurna serta melindungi ankle. Apalagi jika celana safety yang digunakan tidak cukup panjang.

Tips #3
Hati-hati ketika menentukan ukuran sepatu safety. Sepatu harus benar-benar nyaman dipakai, tidak terlalu sempit. Pastikan ketika mencoba anda sudah mempertimbangkan tebal kaus kaki yang akan anda gunakan.

Tips #4
Cobalah sepatu safety pada saat kondisi cuaca terpanas. Pada saat terik matahari pada puncaknya. Karena biasanya ukuran kaki cenderung lebih besar.

Tips #5
Pastikan sepatu dirancang dengan sirkulasi udara yang cukup untuk mencegah kondisi lembab. Jika sampai lembab, maka infeksi jamur bisa terjadi.

Tips #6
Sepatu safety harus kedap air (water proof). Hal ini penting untuk dipastikan apalagi jika terdapat potensi bahaya tersengat listrik.

Tips #7
Jangan abaikan berat sepatu. Sepatu safety yang terlalu berat bukan saja tidak nyaman digunakan, akan tetapi berpotensi kaki menjadi lebih cepat lelah dan bisa terjadi cedera.

Tips #8
Jika budget pembelian sepatu safety terbatas, jangan paksakan membeli sepatu safety dengan spesifikasi yang tidak memenuhi syarat. Ingat harga yang harus dibayar jauh lebih mahal jika terjadi kecelakaan kerja. Solusinya, berikan penjelasan kepada pihak manajemen bahwa budget tidak mencukupi.