Tahukah Anda Berapa Lama Masa Kadaluarsa Safety Helmet?

masa kadaluarsa safety helmet

Jika anda sehari-hari menggunakan safety helmet dalam bekerja, pernahkah anda memeriksa sejak kapan anda menggunakannya? Apakah anda sudah tahu bahwa ada masa kadaluarsa safety helmet yang anda gunakan?

Seringkali memang informasi seperti ini luput dari perhatian kita. Bahkan, standar masa kadaluarsa safety helmet atau masa pakainya tidak tercantum pada satupun prosedur kerja yang ada.

Padahal, masa pakai safety helmet terkait langung dengan fungsinya sebagai alat pelindung, sama halnya dengan kacamata safety.

Jadi, sebenarnya berapa lama sih masa kadaluarsa safety helmet itu?

Mari kita cari jawabannya sekarang.

Masa Kadaluarsa Safety Helmet Menurut Permenaker No.8 Tahun 2010

Kalau kita buka Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.8 Tahun 2010, maka kita akan menemukan salah satu pasal yang menyebutkan tentang masa kadaluarsa atau masa pakai dari safety helmet, yaitu pada Pasal-8.

Namun, Pasal-8 hanya menyebutkan bahwa APD yang habis masa pakainya/kadaluarsa serta mengandung bahan berbahaya, harus dimusnahkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Tidak disebutkan secara eksplisit pada permen tersebut berapa lama masa kadaluarsa safety helmet.

Yang ada adalah syarat kondisi dimana safety helmet harus diganti, tidak peduli sudah berapa lama ia telah digunakan.

Menurut Permenaker No.8 Tahun 2010 di atas, Alat Pelindung Diri (APD) – termasuk safety helmet di dalamnya – harus diganti apabila:

  • rusak, retak atau tidak dapat berfungsi dengan baik
  • telah habis masa pakainya/kadaluarsa serta mengandung bahan berbahaya

Masa Kadaluarsa Safety Helmet Menurut Australian Standard 1800:1998

Di Australia, masa kadaluarsa safety helmet ternyata sudah ditetapkan dengan jelas. Berapa lamakah itu?

Menurut Australian Standard AS/NZ 1800:1998, Section 3.4, disebutkan bahwa safety helmet memiliki masa pakai selama 3 tahun.

Artinya, safety helmet yang anda pakai harus diganti setiap 3 tahun. Tidak peduli apakah kondisinya masih bagus atau tidak.

Perhitungan masa kadaluarsanya dimulai dari tahun produksi safety helmet. Bukan dihitung pada saat anda menerimanya dari supplier anda.

Lalu, bagaimana cara memeriksa tahun produksinya?

Mudah, kok..

Biasanya, tanggal produksi atau manufacturing date ada di bagian dalam safety helmet. Ini dia contoh fotonya.

masa kadaluarsa safety helmet

Jadi penting sekali pada saat melakukan proses pembelian untuk mencantumkan tahun produksinya, sebagai salah satu item spesifikasinya.

 

Tinggalkan Balasan