3 Arti Singkatan COD Yang Anda Harus Tahu

singkatan COD

Anda mungkin pernah mendengar istilah COD dalam suatu kesempatan. Atau mungkin anda justru sedang mencari jawaban atas pertanyaan anda, ‘Apa sih singkatan COD itu?’.

COD memang tidak hanya terkait pada satu bidang saja. Kalau anda pernah berusaha mencarinya lewat mesin pencari atau kamus online, maka akan anda temukan beberapa arti singkatan COD.

Nah, dalam artikel ini saya akan berbagi informasi dengan anda mengenai beberapa singkatan COD.

Jadi, setelah anda membaca artikel ini, jangan cepat-cepat menyimpulan singkatan dari COD. Perhatikan dulu konteksnya ya..

Yuk kita simak satu per satu.

Arti Singkatan COD

Ada beberapa bidang yang menggunakan istilah COD. Diantaranya adalah perdagangan, kimia lingkungan dan konstruksi.

Kita mulai dari yang pertama. Dalam bidang perdagangan atau purchasing, singkatan dari COD adalah Cash on Delivery. Cash on Delivery artinya pihak pembeli harus melakukan pembayaran kepada pihak penjual pada saat barang dikirim ke pihak pembeli.

Cash on Delivery biasanya dilakukan untuk menjamin transaksi yang dilakukan aman bagi pihak penjual. Seringkali mode pembayaran seperti ini diterapkan oleh pihak penjual pada saat pembeli melakukan pembelian untuk pertama kalinya kepada pihak penjual.

Selain diartikan sebagai Cash On Delivery, COD dalam bidang perdagangan juga merupakan kepanjangan dari Collect on Delivery, dengan maksud yang sama.

Yang kedua, istilah COD juga digunakan dalam bidang kimia lingkungan. Kepanjangan COD pada bidang ini adalah Chemical Oxygen Demand.

Chemical Oxygen Demand artinya ukuran kebutuhan oksigen yang diperlukan untuk mengoksidasi bahan kimia organik berupa partikel dan atau terlarut di dalam air menjadi CO2 dan H2O. COD sendiri merupakan salah satu parameter standar dalam kualitas air limbah yang dipersyaratkan oleh pemerintah.

Semakin tinggi nilai COD atau Chemical Oxygen Demand dalam suatu sampel air limbah, maka semakin tinggi pula kandungan bahan organik dalam air limbah.

Yang ketiga, COD diterapkan pula pada bidang konstruksi. Yang dimaksud dengan singkatan COD pada konstruksi adalah Commercial Operation Date.

Commercial Operation Date didefinisikan sebagai tanggal mulai beroperasinya suatu sistem atau fasilitas – setelah seluruh rangkaian pengujian dilakukan dengan baik – secara komersil untuk menghasilkan produk yang dapat diperdagangkan.

Seringkali istilah Commercial Operation Date disingkat dengan Commercial Operation saja. Sebagai contoh sebuah pabrik H2O2 di Cikampek mulai dioperasikan secara komersil mulai tanggal 1 Januari 1991.

Nah, setelah membaca artikel di atas, anda tentu sekarang sudah paham beberapa singkatan COD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *