3 Teknik Uji Formalin Sederhana

uji formalin sederhana

Penggunaan formalin atau formadehyde pada produk-produk makanan semakin marak. Sebagai konsumen, tentu ini sangat mengkhawatirkan.

<

Berbeda dengan kasus bahan makanan yang diduga diolah menggunakan hidrogen peroksida, penggunaan formalin jelas membahayakan konsumen.

Memang, BPOM sedang gencar-gencarnya melakukan sidak untuk melakukan uji formalin pada bahan makanan di pasar-pasar tradisional.

Namun, tentu saja kita tidak bisa berpangku tangan menunggu hasil kerja BPOM. Kita juga bisa melakukan uji formalin sederhana dengan menggunakan beberapa cara.

Apalagi misalnya, kita menjual banyak makanan atau minuman yang dikonsumsi orang banyak. Tentu saja kita memiliki tanggung jawab moral untuk menghindari penggunaan bahan baku yang mengandung formalin.

Teknik Uji Formalin Sederhana

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan uji formalin secara sederhana pada bahan makanan.

Diantara cara menguji formalin pada makanan adalah dengan:

  • menggunakan test kit uji formalin
  • menggunakan bahan alami
  • menggunakan kertas khusus seperti lakmus

Test Kit Uji Formalin

Telah banyak produk test kit uji formalin sederhana yang beredar di pasaran. Anda bisa juga mencarinya secara online, seperti di sini.

Beberapa merek yang telah beredar seperti Rapid Test Kit Formalin dari Merck dan Formalin Test Kits dari Fast Test.

Berapa kira-kira harga test kit formalin Merck? Anda bisa cek di bukalapak.

Menguji Formalin Dengan Bahan Alami

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bahan alami. Pengujian kandungan formalin dengan bahan alami terus berkembang, seiring banyak dilakukannya penelitian di berbagai negara, termasuk di negara kita Indonesia.

Dari informasi yang saya dapatkan, paling tidak ada dua cara yang sudah terbukti dapat digunakan sebagai test uji formalin sederhana.

Diantaranya ada dengan menggunakan kunyit dan bunga sepatu.

Bagaimana ceritanya kunyit bisa digunakan sebagai bahan uji formalin? Temukan ceritanya di sini.

Nah, kalau penggunaan bunga sepatu pertama kali diperkenalkan oleh dua orang remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Simak di sini cara melakukan uji formalin dengan bunga sepatu.

Kertas Khusus Seperti Lakmus

Tahun 2017 yang lalu, 2 mahasiswa dari perguruan tinggi Buet di Banglades, berhasil menemukan kertas khusus seperti lakmus yang dapat digunakan untuk menguji kandungan formalin dari buah-buahan, sayuran atau bahan makanan lain.

Cara pengujiannya cukup sederhana. Hanya dengan menggunakan sampel cairan hasil pencucian buah atau sayuran yang menjadi objek uji.

Tentu saja pemilihan uji formalin sederhana di atas tergantung dari beberapa hal. Diantaranya adalah hasil uji yang ingin anda dapatkan. Apakah sifatnya kualitatif atau kuantitatif.

Yang kedua akurasi. Dan yang berikutnya adalah cara menggunakan metode di atas.

Para pedagang di pasar misalnya, tentu akan memilih cara yang paling simpel. Meskipun mereka tidak mengetahui prinsip pengujian yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *