8 Kegunaan Batubara Dalam Industri

kegunaan batubara

Batubara adalah salah satu sumber energi terpenting dalam memenuhi kebutuhan energi, terutama untuk industri. Tak kurang dari 37% suplai listrik di seluruh dunia menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya.

Harganya yang relatif murah serta lebih mudah didapatkan, membuat batubara menjadi pilihan utama sebagai sumber energi, dibandingkan dengan bahan bakar fosil lainnya seperti bensin atau solar.

Tapi apakah kegunaan batubara dalam industri hanya digunakan sebagai bahan bakar saja?

Untuk mengetahuinya, silahkan baca sampai selesai artikel yang akan menjelaskan kegunaan batubara ini.

Kegunaan Batubara Untuk Industri

Berikut ini adalah penjelasan mengenai kegunaan batubara dalam industri:

  1. Batubara digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik. Prosesnya dimulai dari proses pembakaran batubara untuk menghasilkan steam dari air. Steam lalu menggerakan turbin dan generator untuk selanjutnya menghasilkan listrik.
  2. Dalam proses pembuatan baja, seperti untuk pipa, batubara juga merupakan bahan yang sangat penting. Selain industri baja, industri logam lainnya yang menggunakan batubara adalah industri alumunium dan tembaga.
  3. Di dalam industri pembuatan semen, batubara digunakan pula sebagai bahan bakar utamanya. Abu batubara yang dihasilkan, dimanfaatkan kembali ke dalam proses produksi semen.
  4. Proses gasifikasi digunakan untuk mengubah batubara menjadi gas metana. Sedangkan proses liquifasi batubara dimanfaatkan untuk mengubah batubaru menjadi bahan bakar cair sintetis.
  5. Gas hidrogen – yang merupakan bahan baku pembuatan hidrogen peroksida dan amonia – dapat pula dihasilkan dari proses gasifikasi batubara.
  6. Batubara dimanfaatkan pula untuk menghasilkan synthetic gas (syngas), yaitu campuran antara gas hidrogen dan karbon monoksida (CO), yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan amonia, metanol dan urea.
  7. Industri lainnya yang menggunakan batubara dalam proses produksinya yaitu industri gelas, tekstil dan kertas.
  8. Batubara adalah bahan baku pembuatan activated carbon atau karbon aktif. Karbon aktif adalah bahan yang digunakan sebagai media filtrasi air dan purifikasi udara serta pada proses recovery solvent atau pelarut dari aliran gas buang. Selain itu, karbon aktif digunakan pula sebagai media penyerap amonia dari aliran gas hidrogen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.