Mengenal Unit-unit Utilitas Pabrik Kimia

jenis unit utilitas di dalam industri kimia

Unit utilitas memegang peranan yang begitu penting dalam operasional sebuah pabrik kimia. Tanpa kehadirannya, proses produksi tidak dapat dijalankan.

Beberapa peran penting utilitas antara lain:

  • menjaga mesin-mesin produksi tetap beroperasi dengan normal, seperti kompresor, pompa, dan lain-lain
  • menjaga kondisi operasi pabrik tetap stabil sesuai dengan yang diinginkan
  • menjaga aspek safety pada proses produksi terlaksana dengan baik

Jumlah utilitas yang diperlukan akan berbeda dari suatu pabrik kimia ke pabrik kimia lainnya. Tentu saja ini karena kebutuhannya yang berbeda.

Namun demikian, ada beberapa jenis utilitas pabrik kimia yang umumnya hampir kita dapat temukan pada setiap pabrik.

Apa saja yang termasuk ke dalam unit-unit utilitas pabrik kimia?

Ini dia daftarnya..

Unit-unit Utilitas Pabrik Kimia

utilitas pabrik kimia
Gratis Download

Berikut ini adalah jenis unit utilitas yang digunakan di pabrik kimia:

  • steam. Unit penyedianya adalah boiler. Steam digunakan sebagai media pemanas pada proses seperti distilasi atau reaktor dengan reaksi endotermis.
  • air pendingin. Unit utilitas yang menyediakan air pendingin adalah cooling tower. Air pendingin yang dimaksud adalah cooling water. Sedangkan air pendingin – dengan suhu yang lebih rendah – dihasilkan dari unit utilitas yang lain, yaitu chiller.
  • listrik. Sebagian pabrik kimia mendapatkan pasokan utilitas berupa listrik dari PLN. Ada juga yang mendapatkannya dari perusahaan listrik swasta yang biasanya ada di kawasan industri. Namun, ada juga pabrik kimia yang menghasilkan sendiri listrik untuk keperluan proses produksinya melalui pembangkit listrik milik sendiri.
  • nitrogen. Nitrogen merupakan salah satu jenis utilitas yang bisa kita temukan hampir diseluruh pabrik kimia. Karena ia banyak digunakan sebagai media untuk pendinginan, mengusir combustible atau flammable gas serta untuk keperluan pengadukan atau mixing.
  • bahan bakar. Bahan bakar seperti solar atau gas alam termasuk pula ke dalam kelompok utilitas. Memang, ada juga perusahaan yang tidak mengelompokkanya sebagai utilitas. Tetapi sebagai raw material atau bahan baku, karena digunakan sebagai bahan baku utama.
  • udara bertekanan. Udara bertekanan atau compressed air digunakan untuk menggerakan alat-alat instrumen, proses pemanasan atau pendinginan dan lain-lain. Compressed air dihasilkan dari sebuah kompresor udara dengan tekanan tertentu. Ada dua jenis udara bertekanan yang digunakan di dalam pabrik, yaitu Instrument Air (IA) dan Plant Air (PA).
  • air industri. Air industri (industrial water) – kadang disebut juga dengan filtered water – digunakan sebagai make up untuk cooling tower atau bahan baku pembuatan air bebas mineral.
  • air bebas mineral. Pada sebagian pabrik kimia, air bebas mineral juga dikelompokkan ke dalam utilitas.

Jenis utilitas yang digunakan di industri kimia di atas adalah yang paling umum ditemukan. Bisa jadi pendefinisiannya berbeda antara satu pabrik dengan pabrik lainnya. Tetapi secara umum hampir sama.

Tentu saja ini banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah jenis produk dan proses produksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *