Tabel Steam Jenuh Dalam Satuan SI

Tabel steam jenuh merupakan salah satu tool yang banyak digunakan dalam proses produksi yang menggunakan steam sebagai media pemanas atau fluida yang terlibat langsung dalam sebuah reaksi.

Tabel steam jenuh yang akan anda temukan disini adalah tabel steam dengan kisaran tekanan antara 1-70 bar.

Tabel tersebut sangat cocok digunakan untuk mencari data steam jenuh atau saturated steam dengan tekanan yang sudah diketahui.

Kasus seperti ini banyak ditemukan di pabrik kimia, termasuk pabrik hidrogen peroksida.

Tabel Steam Jenuh Tekanan 1-70 Bar

Berikut ini adalah tabel steam jenuh yang dimaksud. Data tabel uap saturated diambil dari VDI-Water Vapour Tables 7th Edition tahun 1968, yang telah dipublikasikan ulang oleh GeaWiegand GmbH pada Catalogue Jet Pumps and Gas Scrubbbers, halaman 6.

 

 

Cara Membaca Tabel Steam Jenuh

Jika anda lihat tabel tekanan uap jenuh air pada berbagai suhu tersebut di atas, maka cara mendapatkan data steam jenuh dengan tekanan yang telah diketahui sangatlah mudah.

Contoh, saturated steam dengan tekanan 3,0 bar memiliki temperatur jenuh pada 133,54oC, volume 0,6056 m3/kg, entalpi 2724,7 kJ/kg dan laten heat 2163,2 kJ/kg.

Bagaimana? Mudah bukan?

Hanya saja pada prakteknya kadang-kadang satuan tekanan yang digunakan berbeda dengan satuan yang digunaka pada tabel di atas.

Maka jika halnya demikian, maka anda harus melakukan konversi satuan dahulu.

Oh iya, bagi anda yang ingin melakukan konversi satuan secara online, bisa membaca tipsnya di sini.

Nah, jika tekanan operasi tidak terdapat pada tabel tapi masih berada pada kisaran 1-70 bar, maka anda dapat melakukan teknik interpolasi untuk menghitungnya.

1 Komentar

  1. Pingback: Proses Produksi Hidrogen Peroksida (H2O2)

Tinggalkan Balasan