Tips Sukses Praktek Kerja Lapangan

praktek kerja lapangan

Praktek kerja lapangan bagi mahasiswa adalah gerbang pertama menuju tempat kerja yang sesungguhnya. Setiap mahasiswa akan mendapatkan gambaran yang nyata bagaimana pabrik dioperasikan dan perusahaan dijalankan.

<

Selain itu, banyak informasi dan ilmu yang hanya bisa didapatkan dengan mengamati langsung obyek praktek kerja lapangan.

Namun, sungguh disayangkan jika tujuan praktek kerja lapangan atau PKL banyak tidak tercapai dengan maksimal.

Berdasarkan pengalaman saya, banyak diantara peserta PKL yang hanya mengejar nilai atau gugur kewajiban SKS saja.

Kalau sudah begitu, maka peserta PKL ngebut menyelesaikan laporan PKL supaya bisa segera sidang. Tanpa peduli seberapa banyak ilmu dan informasi yang bisa mereka bawa pulang.

Sungguh sangat disayangkan.

Tips Sukses Praktek Kerja Lapangan

Meskipun hanya 2 SKS, akan tetapi kalau kita renungkan banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh.

Ini diantaranya:

  • mendapatkan pemahaman bagaimana teori dipraktekan secara langsung
  • memperoleh pemahanan tentang bagaimana alat dan proses produksi dijalankan secara nyata
  • memperkuat pemahaman sebuah teori yang selama ini sudah diketahui
  • memiliki kesempatan untuk mengamati secara langsung bagaimana pabrik dioperasikan untuk menghasilkan berbagai manfaat, bukan hanya menghasilkan profit saja
  • memperoleh ilmu dan informasi baru yang tidak didapatkan di bangku kuliah
  • mendapatkan gambaran nyata mengenai luasnya kesempatan berkarir di perusahaan

pklNah, supaya Praktek Kerja Lapangan yang kita tempuh bisa sukses, ikuti tips berikut.

Ingat, nilai memang penting. Tetapi mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru tentang operasional pabrik dan perusahaan secara nyata jauh lebih penting.

  1. Persiapan. Ingat kata Aa gym, gagal mempersiapkan sama dengan mempersiapkan sebuah kegagalan. Persiapkan segala sesuatunya secara matang. Dapatkan informasi awal tentang perusahaan serta pabrik yang akan dijadikan tempat kerja praktek, serta lokasinya. Jangan lupa alat tulis, laptop, kalkulator dan keperluan pendukung lain yang diperlukan, termasuk tentunya biaya hidup selama PKL. Buat checklist agar tidak ada yang terlewat.
  2. Siapkan daftar pertanyaan. Mempersiapkan daftar pertanyaan sebanyak mungkin sebelum berangkat adalah sangat penting. Lakukan brainstorming dengan rekan PKL anda untuk membuat daftar pertanyaan selengkap mungkin.
  3. Perhatikan pakaian selama PKL. Tanyakan langsung persyaratan pakaian serta sepatu yang harus digunakan selama PKL. Jika perusahaan tidak menyediakan sepatu safety, tetapi anda diharuskan memakainya, maka anda harus persiapkan sejak awal. Jika tidak, bisa jadi anda dilarang masuk lokasi pabrik.
  4. Taati aturan. Setiap perusahaan memiliki peraturan yang harus ditaati oleh setiap tamu yang berkunjung, termasuk anda peserta PKL. Jangan bersifat abai, karena bukan saja anda bisa diminta pulang akan tetapi jika peraturan K3 yang anda langgar maka bisa jadi kecelakaan kerja menimpa anda dan orang lain.
  5. Aktif bertanya. Biasanya – berdasarkan pengalaman saya sebagai koordinator PKL – banyak sekali diantara peserta yang hanya cukup mendapatkan informasi dari pihak perusahaan. Peserta tidak aktif bertanya. Ingat, PKL adalah kesempatan emas yang harus anda manfaat sebaik mungkin, untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja.
  6. Membangun network. Anda akan menemui begitu banyak orang dengan segudang pengalaman kerja, dengan berbagai latar belakang pendidikan. Jangan sia-siakan. Mulailah untuk membangun network anda. Manfaatkan ini sebagai langkah awal membangun karir anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *