12 Manfaat Nitrogen Untuk Industri

Gas nitrogen adalah salah satu komponen utama dalam udara. Tidak kurang dari 78% udara mengandung gas nitrogen. Dalam dunia industri, gas nitrogen dimurnikan dahulu sampai tingkat kemurnian tertentu sebelum dimanfaatkan.

Apa saja sih manfaat nitrogen untuk industri? Ini dia salah satu contohnya.

Manfaat nitrogen untuk industri salah satunya adalah digunakan sebagai carrier gas untuk gas chromatography atau GC di laboratorium analisa.

Kemurnian nitrogen yang diperlukan untuk Gas Chromatography bisa mencapai 99,999%. Hampir mendekati murni.

Tentu saja, gas nitrogen dengan spesifikasi seperti itu harus dibeli dengan harga yang relatif mahal.

Namun, tidak semua aplikasi memerlukan kemurnian gas nitrogen setinggi itu. Tergantung dari kebutuhan prosesnya. Umumnya, nitrogen yang digunakan proses-proses di industri kimia hanya mencapai 99,99%.

Apa Bahaya Nitrogen?

Sebelum membahas lebih lanjut manfaat nitrogen untuk industri, ada baiknya kita juga kita mengetahui bahaya nitrogen bagi manusia.

Nitrogen adalah gas yang tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna seperti halnya gas karbon monoksida.

Ketika masih berada di dalam udara, tentu saja nitrogen tidak berbahaya sama sekali.

Ia termasuk ke dalam kelompok inert gas dan dikenal sebagai simple asphyxiant.

Akan tetapi, bahaya nitrogen muncul ketika nitrogen yang ada diudara dimurnikan dan ini berpotensi menyebabkan konsentrasi di udara menjadi lebih dari 78%.

Jika hal ini terjadi, maka hal ini dapat menyebabkan kekurangan oksigen pada tubuh kita. Dampaknya bisa berupa pusing, muntah, kehilangan keseimbangan tubuh, kehilangan kesadaran bahkan sampai kematian.

Nitrogen untuk keperluan industri biasanya didistribusikan dalam bentuk liquid nitrogen. Selain memiliki potensi bahaya seperti tersebut di atas, ada bahaya lain ketika nitrogen masih dalam keadaan cair.

Tahukan anda bahwa temperatur liquid nitrogen atau nitrogen cair bisa mencapai minus (-) 196oC?.

Jika nitrogen cair terkena kulit, maka ia dapat menyebabkan luka dan rasa panas terbakar atau biasa disebut dengan cold burn.

Data Konsumsi Gas Nitrogen Cair Dunia

Berdasarkan data yang dirilis oleh Grand View Research Inc, Amerika Serikat, konsumsi nitrogen cair dunia pada tahun 2016 yang lalu mencapai 7,87 juta ton.

Sementara itu, laju kenaikan tingkat konsumsi nitrogen dunia diperkirakan tumbuh sebesar 4.4% per tahun.

Dan sektor yang paling tinggi tingkat konsumsi nitrogennya adalah konstruksi dan manufaktur.

Ini Dia 12 Manfaat Nitrogen Untuk Industri

manfaat nitrogen untuk industriSekarang mari kita bahas inti dari postingan kali ini, yaitu manfaat nitrogen untuk industri.

Apa saja manfaat nitrogen untuk industri? Ini dia daftarnya:

  1. Di pabrik pupuk, gas nitrogen digunakan sebagai bahan baku pembuatan amonia. Kemudian, amonia (NH3) dan kabon monoksida direaksikan untuk memproduksi pupuk urea, dengan rumus kimia CO(NH2)2.
  2. Di pabrik kimia seperti pabrik penghasil hidrogen peroksida, nitrogen digunakan sebagai campuran gas hidrogen pada reaktor hidrogenasi, blanket pada tanki, sealing gas pada kompresor dan gas untuk kebutuhan purging.
  3. Pada proses 3D printing, gas nitrogen digunakan untuk mencegah terjadinya pengkaratan pada logam.
  4. Nitrogen juga digunakan sebagai assist gas pada proses pemotongan dengan menggunakan sinar laser.
  5. Pada industri manufaktur seperti industri otomotif nitrogen dan gas pengelasan digunakan pada proses pengelasan atau welding.
  6. Pada industri makanan, nitrogen cair dimanfaatkan pada proses pendinginan dan pembekuan produk pangan. Selain itu, nitrogen cair juga digunakan pada proses immersion freezing, yaitu proses pembekuan cepat.
  7. Pada proses pembuatan obat, nitrogen digunakan sebagai shield gas, yaitu untuk mencegah proses degradasi karena oksidasi dan penyerapan uap air dari udara.
  8. Hampir pada semua industri, gas nitrogen digunakan pada proses leak test mesin atau pressure vessel (bejana tekan) baru atau setelah diperbaiki.
  9. Untuk mengganti penggunaan gas inert yang lebih mahal seperti argon pada produksi bola lampu, maka digunakan gas nitrogen sebagai penggantinya.
  10. Nitrogen adalah salah satu bahan baku pembuatan bahan peledak TNT atau trinitrotoluena, amonium nitrat dan nitroglycerin.
  11. Anda tentu sudah tahu asam nitrat bukan? Nah, nitrogen juga merupakan salah satu bahan baku pembuatannya.
  12. Pada industri elektonika, nitrogen digunakan pada proses pembuatan dioda, transistor dan PCB.

Tinggalkan Balasan