10 Kegunaan NaOH (Natrium Hidroksida) Dalam Kehidupan Sehari-hari

kegunaan natrium hidroksida dalam kehidupan sehari hari

Kali ini kita akan belajar mengenai kegunaan NaOH atau natrium hidroksida. Dari sekian banyak kegunaannya, kita akan lihat 10 diantaranya.

Oke, mari kita mulai.

Anda tentu biasa menggunakan sabun dan deterjen untuk keperluan sehari-hari, bukan? Tapi, tahukah anda bahwa sabun dan deterjen menggunakan NaOH atau natrium hidroksida sebagai salah satu bahan bakunya?

Fungsi NaOH dalam pembuatan sabun adalah sebagai bahan baku utama selain minyak atau lemak. Ketika NaOH atau sodium hidroksida dicampurkan dengan minyak atau lemak, maka saponification reaction terjadi. Hasilnya, terbentuklah sabun.

Tentu masih banyak kegunaan NaOH lainnya bagi kehidupan kita.

Namun, sebelum menjelaskan kegunaan atau manfaat NaOH lainnya, alangkah lebih baik kita mengenal lebih jauh mengenai beberapa sifat penting dari NaOH. Dan juga bahayanya.

Sifat Kimia NaOH dan Bahaya NaOH

kegunaan naoh
NaOH Flake yang dijual eceran. Klik gambar untuk cek harga.

Sebenarnya, NaOH atau natrium hidroksida, yang sering disebut juga dengan caustic soda, termasuk dalam kelompok bahan kimia B3 atau bahan berbahaya dan beracun. Jadi, berhati-hatilah ketika anda menanganinya.

Salah satu sifat kimia NaOH yang terpenting adalah korosif. Ya, NaOH sangat korosif. Dan ia adalah salah satu basa terkuat.

Kalau anda buka MSDS NaOH, anda akan temukan bahwa NaOH dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Bahkan, ia bisa menyebabkan kornea mata anda rusak dan mata anda buta!

Jadi, berhati-hatilah.

Di pasaran, biasanya NaOH dijual dalam bentuk larutan dalam air, dengan konsentrasi 48%, atau dalam bentuk padatan berwarna putih. Dalam bentuk padat, NaOH biasa disebut juga dengan flake NaOH. Selain dalam bentuk flake NaOH, tersedia pula micro pearls NaOH, dengan ukuran partikel yang lebih homogen.

Tapi, perlu diingat bahwa terlepas dari bentuk natrium hidroksida, bahayanya tetap sama.

Baik, sekarang kita lanjutkan pembahasan kita mengenai kegunaan NaOH.

Apa Nama Lain NaOH?

Nama lain dari NaOH adalah natrium hidroksida, caustic soda, sodium oxinadine, dan lye.

10 Kegunaan NaOH

kegunaan naohSelain sebagai bahan baku pembuatan sabun dan deterjen, NaOH atau kaustik soda banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk-produk di dalam industri kimia.

Tak cuma sebagai bahan baku, NaOH juga banyak digunakan secara langsung.

Berikut ini adalah 10 kegunaan natrium hidroksida dalam kehidupan sehari-hari dan industri:

  1. NaOH digunakan secara langsung untuk mengendalikan tingkat keasaman atau pH pada fasilitas pengolahan air atau water treatment.
  2. Anda tahu natrium hipoklorit atau NaOCl? Natrium hipoklorit biasa digunakan sebagai bahan kimia untuk disinfektan dalam pengolahan air, termasuk air industri. Ternyata, NaOH adalah salah satu bahan baku pembuatan NaOCl dalam skala industri.
  3. NaOH juga sering digunakan pada proses regenerasi anion resin yang terdapat pada anion exchanger, pada unit pembuatan air bebas mineral atau purified water.
  4. NaOH merupakan salah satu bahan kimia terpenting dalam industri kertas. Untuk apa? Ternyata NaOH atau natrium hidroksida yang dicampur dengan natrium sulfida, digunakan sebagai larutan untuk membersihkan selulosa kayu dari material yang tidak diinginkan.
  5. Dalam industri daur ulang kertas, NaOH dimanfaatkan untuk memisahkan tinta dari serat kertas, sebelum digunakan kembali.
  6. Jika anda pernah mengalami masalah saluran pembuangan dari dapur yang mampet, maka biasanya NaOH akan digunakan sebagai bahan kimia anti-mampet. Kok bisa? Ya bisa. NaOH yang dimasukkan ke dalam saluran air buangan akan bereaksi dengan minyak atau lemak yang menyebabkan saluran tersumbat. Hasilnya, terbentuklah sabun dan panas reaksi. Sehingga dengan mudah saluran bisa lancar kembali.
  7. NaOH juga memegang peranan penting dalam industri minyak dan gas. Ia digunakan untuk mengendalikan alkalinitas dan pH, dan menguraikan material organik. Selain itu, ia juga dimanfaatkan untuk menghilangkan gas-gas pengotor seperti senyawa sulfur dan karbon dioksida.
  8. Natrium hidroksida juga digunakan dalam proses produksi epoxy resin.
  9. Anda tentu sudah mengenal atau mendengar fuel cell. Ternyata NaOH digunakan dalam proses produksi fuel cell.
  10. Dalam dunia kesehatan, NaOH dimanfaat pula dalam pembuatan berbagai macam obat dan produk farmasi seperti anticoagulant, obat untuk mengurangi kolesterol dalam darah dan obat penghilang rasa sakit.

Referensi:
1. http://www.essentialchemicalindustry.org/chemicals/sodium-hydroxide.html
2. https://www.chemicalsafetyfacts.org/sodium-hydroxide

Note: hati-hati jika anda menyimpan produk hidrogen peroksida dan sodium hidroksida dalam satu tempat penyimpanan. Sangat berbahaya. Karena akan bereaksi dan menghasilkan panas reaksi yang besar.

39 Komentar

  1. Ary Asteti Balas

    Intinya Sodium hidroxid ini sangat korosif, trus gimana sabun yg bahan bakunya dari itu? Brati ga usah pake sabun itu y?

    • lukman143 PenulisBalas

      Jangan khawatir. Karena sabun yang kita pakai bukan lagi NaOH. Sabun adalah senyawa baru hasil reaksi antara NaOH atau KOH dengan minyak (fatty acid) melalui reaksi saponification. Sabun tentu memiliki sifat kimia yang berbeda dengan NaOH. Buktinya, selama ini ketika kita mandi dan menggunakan sabun tidak ada masalah bukan?

  2. nue annisa Balas

    apakah NAOH bisa digunakan dalam pembuatan cuka dari air kelapa ?

    • lukman143 PenulisBalas

      Tidak bisa. Proses pembuatan cuka dari air kelapa adalah proses fermentasi. Dengan bantuan ragi.

    • Granita Balas

      Hai, kenapa soda api saya tidak ada reaksi apa apa jika di larutkan dengan air?
      Apa saya salah? Tapi saya beli di toko kimia.
      Terimakasih

      • lukman143 PenulisBalas

        Apakah yang anda maksud mengeluarkan panas?
        Caustic soda memang larut di dalam air sambil mengeluarkan panas (heat of dissolution).

    • lukman143 PenulisBalas

      Alhamdulillah dari pengalaman sendiri selama bekerja di pabrik kimia. Kalau referensi lain ada di bawah artikel.
      Terima kasih sudah berkunjung

  3. ady Balas

    NaOH bisa di gunakan untuk pengikat FFA dalam minyak kelapa tidak…
    dan minyak kelapa yg sudah di campur NaOH jika di panaskan…dan mengeluarkan busa..apakah minyak tersebut aman untuk di gunakan

  4. Nur syifa Balas

    sya melihat sebuah video di youtube ttg pembuatan cincau hitam, disebuah industri RT. trnyata jg menggunakn bahn NAoH. apa kah layak dikonsumsi cincau hitam tsb?? jk NaOh itu berbahaya. mk mengkonsumsi cincau hitam tentu akn brakibat fatal untk kshatan . mohon pnjlsnnya

    • lukman143 PenulisBalas

      Sebaiknya dihindari. Karena menurut data dari National Center for Biotechnology Information AS, bisa menimbulkan bahaya pada kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan necrosis.
      Bisa dilihat juga data dampak NaOH pada hewan percobaan di sini.

    • lukman143 PenulisBalas

      Dibandingkan dengan caustic soda flake, caustic soda micropearl memiliki ukuran partikel yang lebih merata, yaitu antara 0.6-0.8 mm. Selain itu, caustic soda micropearls memiliki keunggulan diantaranya:
      -tidak cenderung menggumpal dan menempel pada permukaan
      -lebih mudah larut dalam air, metanol dan etanol
      -tidak mudah terbentuk debu

      Semoga bisa membantu

  5. ali imran nasution Balas

    bagaimanan reaksi kalau NaOH dibakar?
    apakah akan terjadi reaksi karbonasi ?

  6. Charles Balas

    Klu untuk penggunaan air industri bahaya tidak bila di konsumsi langsung oleh manusia..

    • lukman143 PenulisBalas

      Perlu dianalisa dahulu kualitas air yang dimaksud. Karena bisa jadi meskipun labelnya air industri tapi bisa jadi memenuhi untuk dikonsumsi oleh manusia. Kuncinya ada dipengecekan kualitasnya.
      Semoga bisa membantu

      • Avit Balas

        Saya terkena percikan naoh di kulit dan kuku dan skrg trjadi luka, apakah berpengaruh terhadap DNa saya?

        • lukman143 PenulisBalas

          Jika kita cek MSDS NaOH, maka tidak ada hubungan dengan perubahan DNA. Yang anda alami adalah skin burn. Segera konsul ke dokter untuk perawatan lukanya, jangan lupa sebutkan konsentrasi NaOH juga.

  7. iwan Balas

    kalau untuk membersihkan prabotan rumah tangga seperti bagian bawah wajan/panci yang hitam bisa tidak? atau ada cairan lain?

  8. Mulyanto Balas

    boleh Nanya bang pakar soda kue apa termasuk naoh flake nah ini u apa dipakai di saat kita buat kue apa gak bahaya seperti waktu buat cincau selain itu kalu memang dipakai dlm industri kontrol pemakain harus sesuai takaran maksudnya gmn ya trims

    • lukman143 PenulisBalas

      Soda kue berbeda dengan NaOH flake. Soda kue itu rumus kimianya NaHCO3. Ia aman digunakan dalam proses pembuatan kue. Meskipun demikian tetap gunakan dalam jumlah sesuai dengan anjuran.
      Sedangkan NaOH flake merupakan bahan berbahaya, tidak boleh digunakan dalam proses pengolahan bahan makanan seperti yang anda sebutkan.

      • Tika van houtten Balas

        Brati klo sabun wajah yg ada komposisi sodium hidroxyde nya pun gl boleh d pke yah mskipun s penjual blng klo itu aman

    • lukman143 PenulisBalas

      Untuk penetralan tanah yang bersifat asam, lebih umum digunakan batu kapur. Prosesnya biasanya disebut dengan liming.
      Akan tetapi, berhati-hatilah ketika menambahkannya ke dalam tanah. Jangan sampai berlebih.
      Saya sarankan anda membaca referensinya disini.

  9. Pingback: IBC Tank, Kemasan Pakai Ulang Untuk Produk Kimia

  10. Rici Balas

    apakah NaOH aman buat sabun cuci muka ? bila buat sabun cuci muka organik dicambur dgn NaOH apakah senyawa organik masih ada senyawanya ?

  11. Pingback: Apa Kegunaan Natrium Benzoat Itu? Ini Dia Daftarnya

  12. Fiqri Balas

    Apakah bahan NAOH membuat bahan logam korosi..?? Apakah ada takaran yg pas untuk menghilangkan noda pada logam??

    • lukman143 PenulisBalas

      Saya sarankan untuk tidak menggunakan NaOH. Karena perlu dicoba dahulu takaran yang tepat sesuai dengan masalahnya (karat, oli, atau lainnya) serta jenis logamnya. Lebih baik gunakan produk pembersih logam yang sudah ada dipasaran. Anda bisa lihat produk yang sesuai di sini. Pastikan produk yang anda pilih cocok.

  13. Tika van houtten Balas

    Brati klo sabun wajah ada komposisi sodium hidroxyde nya gk aman d pke yah mskipun penjual nya blng aman dan herbal

    • lukman143 PenulisBalas

      DYang perlu diperhatikan adalah pH dari sabun wajah yang akan digunakan. Jika pH sangat basa (pH>10) maka harus hati-hati karena produk dipastikan mengandung banyak caustic soda. Tapi jika pH nya normal maka tidak menjadi masalah.
      Silahkan baca referensinya di sini.

  14. Faisal Balas

    Berapa perbandingan NaOH dengan air untuk pencucian rumput laut

  15. Pingback: Mari Mengenal Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga

  16. Pingback: Mari Mengenal 5 Teknik Pengendalian Bahaya di Tempat Kerja

  17. abdul Balas

    Apakah NaoH bisa digunakan untuk menaikkan pH air, apakah diboleh dantidak berbahaya untuk kesehatan. Bagaimana dengan statusnya sebagai B3.
    ini berarti sama saja kalau kita menencerkan asam kuat. tkasih.

    • lukman143 PenulisBalas

      Sepengetahuan saya memang ada dua bahan kimia yang digunakan untuk menaikkan pH air minum, yaitu sodium karbonat dan sodium hidroksida. Akan tetapi sebelum diterapkan perlu dipastikan kembali apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *