Proses Produksi Bahan Kimia A to Z

10 Kegunaan Hidrogen Dalam Industri

kegunaan hidrogen dalam industri

Setelah mengetahui proses pembuatan hidrogen skala industri, maka kini saatnya kita belajar mengenai kegunaan hidrogen dalam industri.

Hidrogen pada kondisi atmosferik berada dalam fase gas. Pada beberapa industri yang menggunakan hidrogen seperti pabrik H2O2, hidrogen dialirkan masih dalam bentuk gas.

Rumus kimia gas hidrogen adalah H2. Ia termasuk ke dalam kelompok bahan kimia berbahaya dan beracun atau B3. Gas hidrogen tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.

Bahaya hidrogen yang paling utama adalah sifatnya yang mudah meledak (extremely flammable gas).

Untuk mengetahui potensi bahaya gas hidrogen, anda bisa mendapatkan informasinya dari MSDS hidrogen. Silahkan klik di sini.

Tingkat Konsumsi Hidrogen Dunia

Menurut Zion Market Research, pertumbuhan konsumsi gas hidrogen dunia antara tahun 2017-2023 diprediksi mencapai 6.0% per tahunnya.

Nilai konsumsinya pada tahun 2017 lalu mencapai 129,25 miliar dolar AS. Dan tahun 2023 yang akan datang diprediksi menyentuh angka 183,34 miliar dolar AS.

Kegunaan Hidrogen Dalam Industri

Baik, sekarang kita akan lihat kegunaan hidrogen dalam industri. Menurut ChemicalIndustryEssential.org, industri pembuatan amonia merupakan konsumen terbesar dunia saat ini. Tingkat konsumsinya mencapai 53% dari total konsumsi dunia.

  1. Hidrogen – yang diproduksi melalui steam methane reforming – digunakan sebagai bahan baku pembuatan amonia. Seperti kita tahu amonia adalah bahan baku pembuatan pupuk urea.
  2. Industri metanol juga menggunakan gas hidrogen pada proses pembuatannyya, sebagai bahan baku.
  3. Gas hidrogen merupakan bahan baku utama dalam pembuatan hidrogen peroksida atau H2O2, bahan kimia yang banyak digunakan sebagai bleaching agent dalam industri pulp, kertas dan tekstil.
  4. Alat-alat analisa gas seperti Gas Chromatography (GC) menggunakan gas hidrogen sebagai gas kalibrasi, untuk proses analisa gas atau campuran gas yang mengandung hidrogen di dalam samplenya.
  5. Industri otomotif mulai menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan yang diproduksinya. Hal ini dipilih karena hidrogen merupakan sumber clean energy, yang tidak menghasilkan gas rumah kaca, karbon dioksida, apalagi karbon monoksida.
  6. Hidrogen digunakan pula pada proses pembuatan bakar bakar minyak kualitas tinggi. Hidrogen dimanfaatkan untuk menghilangkan senyawa sulfur dari minyak bumi.
  7. Bersama-sama dengan gas inert, hidrogen digunakan pada proses heat treatment, annealing dan sintering pada industri metalurgi.
  8. Pada industri farmasi, hidrogen digunakan pada proses pembuatan vitamin dan produk-produk farmasi lainnya.
  9. Untuk keperluan pemurnian gas inert seperti argon, hidrogen digunakan untuk menghilangkan oksigen melalui catalytic process.
  10. Pada proses pembuatan margarin hidrogen digunakan untuk menghidrogenasi asam lemak tak jenuh pada minyak nabati dan hewani.

Produsen-Produsen Hidrogen Dunia

Selain diproduksi sendiri seperti dilakukan pabrik amonia, hidrogen juga diproduksi oleh banyak perusahaan di dunia, termasuk menjual fasilitas atau mesin produksi hidrogennya.

Diantara produsen hidrogen dunia yang terkemuka diantaranya adalah:

Exit mobile version