7 Contoh Kegunaan Asam Nitrat Dalam Bidang Industri

kegunaan asam nitrat

Setelah membahas mengenai kegunaan asam fosfat, kali ini kita akan belajar mengenai beberapa kegunaan asam nitrat dalam bidang industri.

Kalau kita bandingkan, konsumsi dunia akan asam nitrat ternyata lebih besar daripada asam fosfat.

Menurut Grand View Research, seperti yang dikutip oleh essentialchemicalindustry.org, pada tahun 2014 lalu, konsumsi asam nitrat dunia mencapai 55 juta ton. Sedangkan konsumsi asam fosfat dunia pada tahun yang sama hanya mencapai 43 juta ton.

Dari keseluruhan konsumsi asam nitrat dunia, ternyata 80%-nya digunakan untuk pembuatan pupuk nitrogen.

Tentu saja selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk, masih ada kegunaan asam nitrat yang lain.

Apa saja itu?

Kita akan lihat bersama-sama pada postingan kali ini.

Tapi sebelumnya, kita lihat dahulu beberapa sifat penting dari asam nitrat.

Sifat-sifat Asam Nitrat

bahaya asam nitratAsam nitrat, dengan rumus kimia HNO3, termasuk ke dalam kelompok bahan kimia B3 yang sangat korosif dan juga beracun.

Selain itu, asam nitrat merupakan asam kuat serta salah satu oksidator terkuat.

Dalam kondisi murni, ia adalah cairan jernih, dengan densitas lebih tinggi dibandingkan dengan air.

Akan tetapi, jika disimpan dalam waktu yang lama, warnanya akan sedikit kekuning-kuningan karena pengaruh oksida nitrogen yang terbentuk.

Di pasaran, umumnya asam nitrat dijual dalam bentuk larutan dengan konsentrasi antara 52%-68%, dengan beragam jenis kemasan.

Kegunaan Asam Nitrat Dalam Bidang Industri

Pengalaman pertama saya menggunakan asam nitrat adalah untuk keperluan chemical cleaning pipa stainless steel SUS 304L, yang akan digunakan untuk hidrogen peroksida. Konsentrasi asam nitrat yang digunakan 30%.

Proses chemical cleaning disebut juga dengan passivation. Proses ini bertujuan menghilangkan besi dan senyawa besi pada permukaan pipa dengan cara melarutkannya dalam asam nitrat. Selain itu, penggunaan asam nitrat juga bertujuan membentuk film nikel oksida dan krom oksida.

Setelah proses ini, permukaan pipa stainless steel menjadi ‘pasif’. Artinya, ia akan tahan terhadap korosi yang dipicu oleh material yang ada di dalam pipa.

Selain untuk keperluan chemical cleaning, kegunaan asam nitrat lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Asam nitrat digunakan pada proses pembuatan pupuk. Contohnya adalah pupuk amonium nitrat.
  2. Anda tahu bahan peledak TNT? Saya yakin anda tahu. Nah, ternyata TNT atau trinitrotoluene dibuat dari asam nitrat sebagai bahan bakunya.Contoh lainnya untuk pembuatan peledak nitrogliserin.
  3. Asam nitrat juga berperan penting sebagai bahan baku pembuatan bahan kimia lain seperti pembuatan pewarna.
  4. Pembuatan polyamides juga menggunakan asam nitrat sebagai bahan baku antaranya. Polyamides adalah bahan pembuat karpet dan pakaian. Merk polyamides yang terkenal adalah Nylon, salah satu produk yang dimiliki oleh Du Pont.
  5. Selain polyamides, polimer lain yang membutuhkan asam nitrat dalam proses pembuatannya adalah polyurethanes. Polyurethanes adalah polimer yang digunakan dalam pembuatan peralatan listrik, sol sepatu, matras, lem, dan lain-lain.
  6. Anda tentu pernah mendengar istilah aqua regia, bukan? Ya, Aqua regia adalah campuran asam nitrat dan asam klorida (HCl). Larutan ini biasa digunakan untuk melarutkan emas dan platina.
  7. Selain itu, ia digunakan pula pada calorimetric test, untuk membedakan heroin dan morfin.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *