kegunaan asam fluorida

Asam fluorida – dengan rumus kimia HF – termasuk asam kuat. Asam fluorida sangat korosif.Jadi berhati-hatilah ketika menanganinya.

Asam fluorida adalah larutan hidrogen fluorida (HF) di dalam air. HF sendiri dalam kondisi suhu ruang berada dalam fase gas.

Asam fluorida memiliki banyak kegunaan. Diantara kegunaan asam fluorida salah satunya adalah sebagai bahan kimia untuk proses chemical cleaning logam pada peralatan dan fasilitas industri, seperti pipa stainless steel 304L yang digunakan di dalam pabrik hidrogen peroksida.

Lalu apa lagi kegunaan asam fluorida itu?

Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Kegunaan Asam Fluorida Dalam Industri

  1. Asam fluorida atau HF digunakan pada proses etching material dengan bahan dasar gelas.
  2. Selain digunakan pada proses etching, asam fluorida juga digunakan untuk melarutkan material gelas. Ia digunakan pada proses pemurnian kuarsa.
  3. Bersama-sama dengan asam nitrat, asam fluorida digunakan sebagai larutan pembersih logam, seperti untuk menghilangkan oksida sisa pengelasan.
  4. Asam fluorida juga digunakan untuk menghilangkan karat pada logam. Sehingga logam yang sudah lama bisa nampak baru kembali.
  5. Digunakan sebagai bahan baku pada pembuatan senyawa-senyawa fluor organik seperti freon (refrigerant) dan Poly Tetra Fluoro Ehylene (PTFE) atau teflon. Penggunaan asam fluorida untuk pembuatan refrigerant ini mencapai 60% dari total penggunaan asam flurioda dalam industri.
  6. Asam fluorida digunakan pula pada industri semikonduktor, yaitu untuk pembuatan silicon semiconductor chips.
  7. Pada industri pengolahan minyak bumi, asam fluorida dimanfaatkan sebagai katalis pada proses alkilasi, pada proses pembuatan bahan bakar beroktan tinggi.
  8. Selain itu, asam fluorida digunakan pula untuk ekstraksi isotop uranium.