9 Kegunaan Air Demin Untuk Industri

kegunaan air demin

Bagi sebagian besar pabrik kimia atau sejenisnya, untuk memenuhi kebutuhan air demin atau air bebas mineral maka dioperasikanlah unit penghasil air demin.

Ada juga sebagian industri yang memenuhi kebutuhan air deminnya dengan cara membeli dari pihak lain.

Tapi, tahukah anda apa sih sebenarnya kegunaan air demin untuk industri?

Yuk mari kita simak.

Kegunaan Air Demin Untuk Industri

manfaat air bebas mineralAda banyak kegunaan air demin dalam bidang industri. Dan setiap penggunaan tentu memerlukan spesifikasi air demin yang berbeda.

Tapi, kita kali ini tidak akan membahas mengenai spesifikasi dari air deminya secara spesifik untuk setiap bidang penggunaan.

Yang akan kita bahas adalah penggunaan air demin pada industri, termasuk industri kimia.

Yuk kita mulai.

  1. Di pabrik hidrogen peroksida yang menggunakan proses produksi Autooxidation (AO Process), air demin digunakan sebagai cairan pengekstrak di unit ekstraksi. Air demin digunakan untuk mengekstraksi hidrogen peroksida dari larutan kerja.
  2. Untuk memproduksi steam, maka diperlukan air demin atau air bebas mineral sebagai umpan untuk boiler atau biasa disebut sebagai boiler feed water.
  3. Di dalam industri minuman, air demin digunakan sebagai larutan pencuci mesin produksi setelah digunakan. Biasanya, kerak yang tertinggal di dalam mesin produksi (aseptic packaging machine) harus dibersihkan dengan air demin.
  4. Chilled cooling water adalah salah media pendingin yang banyak digunakan di dalam beragam industri, dengan sistem tertutup. Artinya tidak ada blow down maupun make up air pendingin ke dalam sistem. Chilled cooling water sendiri merupakan air demin yang telah ditambahkan bahan kimia anti korosi ke dalamnya.
  5. Air demin juga dimanfaatkan untuk membuat larutan elektrolit pada industri batere.
  6. Dalam proses pembuatan peracetic acid, air demin merupakan salah satu bahan baku pembuatannya, selain hidrogen peroksida dan asam asetat.
  7. Laboratorium analisa memerlukan air demin untuk berbagai macam keperluan analisa. Diantaranya adalah untuk mencuci peralatan analisa, terutama glassware, dan untuk keperluan pengenceran.
  8. Untuk keperluan pengenceran produk-produk kimia tertentu (contohnya etanol dan hidrogen peroksida), maka dimanfaatkan pula air demin.
  9. Anda tentu tahu PCB, bukan? Ya, PCB atau Printed Circuit Board adalah komponen dasar dari peralatan elektronika. Nah, setelah dibuat, PCB dicuci terlebih dahulu dengan air demin untuk membersihkannya dari sisa asam dan hidrogen peroksida yang digunakan pada saat proses produksi.

Tinggalkan Balasan