Proses Produksi Bahan Kimia A to Z

Mengenal Apa Itu Infrared Thermography dan Penggunaan Dalam Industri

infrared thermometer

Salah satu alat yang saat ini kita sering lihat adalah alat pengukur suhu infrared, yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh ketika kita akan memasuki area atau tempat tertentu, baik di perkantoran atau pabrik. Alat ini digunakan untuk mendeteksi kenaikan suhu tubuh, sebagai gejala awal bagi mereka yang terjangkit virus Covid-19.

Akan tetapi tahukah anda bahwa di dalam dunia industri pengukur suhu infrared juga lazim digunakan? Biasanya istilah yang sering digunakan adalah infrared thermography.

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan infrared thermography itu?

Infrared thermography dapat definisikan sebagai proses penggunaan thermal imager atau infrared thermometer untuk mendeteksi panas radiasi yang berasal dari suatu obyek tertentu, lalu diubah menjadi suhu dan memberikan gambaran pencitraan berupa distribusi suhu pada benda tersebut. Misalnya untuk mengukur suhu permukaan pipa atau sebuah heat exchanger.

Gambaran distribusi suhu hasil pencitraan suatu thermal imager disebut dengan thermogram. Dengan bantuan thermogram ini suhu atau temperatur permukaan yang diukur dapat dilihat dengan jelas dengan mata telanjang.

Penggunaan Infrared Thermography di Industri

Dalam dunia industri, infrared thermography biasanya digunakan untuk keperluan predictive maintenance serta proses monitoring kondisi alat atau mesin tertentu.

Namun, penggunaannya tidak hanya terbatas pada dua aplikasi tersebut saja. Masih banyak pula aplikasinya yang lain, yaitu:

Jenis-jenis Infrared Thermometer

Di atas kita telah bahas apa itu infrared thermography. Sekarang kita akan bahas jenis-jenis infrared thermometer atau alat pengukur suhu infrared yang digunakan dalam prosesnya.

Secara umum, ada tiga jenis infrared thermometer yang biasa digunakan di dunia industri, yaitu:

  1. Spot infrared thermometer: alat pengukur suhu infrared yang digunakan dengan cara diarahkan pada titik tertentu saja pada permukaan sebuah obyek. Lihat contoh produknya di sini.
  2. Infrared scanner system: alat pengukur suhu infrared dengan kemampuan cakupan area yang lebih luas, tidak hanya satu titik tertentu saja.
  3. Infrared-thermal imaging camera: merupakan jenis pengukur suhu infrared yang lebih maju, yang mampu mengukur banyak titik sekaligus pada cakupan area yang luas, dengan memberikan gambaran distribusi suhu dalam 2 dimensi. Contoh produknya seperti HT02D Infrared Thermal Imaging Camera.

Pengukuran suhu menggunakan sistem infrared thermography ini sangat penting dalam industri. Karena – seperti telah dibahas sebelumnya – ia mampu memberikan gambaran kondisi suhu pada alat secara realtime dan menyeluruh, sehingga potensi masalah dapat dideteksi lebih awal.

Exit mobile version