6 Hal Penting Tentang Cooling Tower Yang Harus Anda Tahu

bagian-bagian cooling tower

Cooling tower atau menara pendingin adalah satu diantara sekian banyak alat utama di pabrik kimia seperti pabrik H2O2, pabrik asam sulfat atau pabrik asam fosfat, yang memegang peran sangat penting yaitu sebagai penyedia media pendingin.

Kompresor, chiller, pompa dan heat exchanger adalah sederetan alat-alat yang biasa menggunakan cooling water sebagai media pendingin untuk dapat beroperasi.

Tanpa kehadirannya, sebuah pabrik di mana di dalamnya terjadi banyak proses dengan melibatkan banyak alat yang memerlukan pendinginan cooling water, tidak akan dapat beroperasi.

Karena begitu pentingnya peranan cooling tower, maka sangat penting juga bagi kita untuk mengetahui beberapa hal penting terkait dengannya.

#1 Definisi Cooling Tower

Kalau kita buka handbook Operations a& Maintenance Best Practices yang ditulis oleh GP Sullivan dkk, definisi cooling tower adalah heat exchanger atau penukar panas khusus, di mana di dalamnya terdapat dua fluida, yaitu udara dan air, dikontakkan secara langsung sehingga memungkinkan terjadinya proses perpindahan panas dari air ke udara.

#2 Jenis-jenis Cooling Tower

Cooling tower didesain dan dibuat dalam beberapa jenis. Dan setiap jenis pun memiliki beberapa model. Jenis-jenis cooling tower meliputi atmospheric towers, mechanical draft towers dan hybrid draft towers.

Kalau dilihat dari arah aliran udaranya, dari 3 jenis tadi, ada yang counter flow dan cross flow. Sedangkan dilihat dari sisi bentuknya, ada yang rectilinier, round mechanical draft dan octagonal mechanical draft.

Dari sisi konstruksi ada 2 jenis, yaitu yang dipasang di site langsung (field-erected) dan factory-assembled.

Lebih detil mengenai jenis-jenis cooling tower, insya Alloh saya akan bahas pada postingan yang lain.

#3 Prinsip Kerja Cooling Tower

Pada prinsipnya, perpindahan panas pada cooling tower terjadi diantara air dan udara sebagai pendinginnya, di mana udara dan air kontak secara langsung secara terus menerus.

Pada tipe mechanical draft cross flow, air yang telah mendinginkan proses tertentu, dikembalikan ke cooling tower melalui perantaraan pipa dengan suhu yang lebih tinggi dan diterima di hot water basin.

Dari hot water basin kemudian air didistribusikan melalui distributor dan kemudian melewati fill. Di sisi lain udara masuk melalui inlet louvers yang terletak pada bagian samping cooling tower, yang dihembuskan oleh beberapa fan yang terpasang pada bagian atas-tengah cooling  tower.

Pada fill inilah terjadi kontak antara air dengan udara. Panas pada air diserap ke dalam udara, sehingga air yang telah kontak dengan udara mengalami penurunan suhu.

Air yang telah mengalami proses pendinginan kemudian di tampung pada cold water basin yang terletak pada bagian paling bawah cooling tower. Selanjutnya air didistribusikan kembali ke proses untuk digunakan sebagai media pendingin melalui pompa.

#4 Bagian-bagian Cooling Tower

Bagian-bagian cooling tower atau komponen cooling tower antara lain terdiri dari hot water basin, cold water basin, fan, fan blade, motor fan, filler, water distributor, fan deck, drift eliminator, perimeter handrail, inlet louvers, casing, ladder, drain, strainer, walkway, make up water, dan access door.

Untuk melihat gambar bagian-bagian cooling tower silahkan, klik di sini.

#5 Chemical Untuk Cooling Water Treatment

Menjaga kualitas cooling water adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan. Mengapa? Karena masalah-masalah seperti kerak, lumpur, pertumbuhan mikroorganisma, karat dan penurunan efisiensi perpindahan panas akan terjadi.

#6 Biaya Operasional dan Perawatan

Untuk mengoperasikan sebuah menara pendingin tentu saja dibutuhkan biaya. Biaya tersebut meliputi biaya operasional dan biaya perawatan.

Biaya operasional terdiri dari biaya untuk air (untuk charge pertama dan make up), bahan kimia untuk water treatment program, pengolahan air blow down, listrik (pompa, fan, dan lain-lain) dan gaji untuk karyawan.

Sedangkan biaya perawatan terdiri dari biaya preventive maintenance, overhaul dan spare parts yang dibutuhkan untuk penggantian, serta biaya perbaikan.

 

Tinggalkan Balasan