perbedaan coa dan tds

Postingan kali akan fokus membahas perbedaan COA dan TDS. Bagi yang belum tahu, COA adalah singkatan dari Certificate of Analysis dan TDS adalah singkatan dari Technical Data Sheet.

Mungkin anda pernah merasa bingung juga ketika anda akan meminta contoh produk atau sampel bahan kimia seperti hidrogen peroksida. Dokumen yang tepat untuk diminta apakah COA atau TDS nya, ya?

Untuk menjawab pertanyaan ini yuk mari sama-sama kita lihat pemaparan lengkapnya.

Perbedaan COA dan TDS

Ketika anda ingin melakukan pembelian bahan kimia – sebut saja misalnya gas hidrogen untuk keperluan di laboratorium – atau spareparts cooling tower misalnya, maka yang perlu anda tetapkan di awal adalah spesifikasi teknis bahan kimia atau spareparts yang diperlukan.

Setelah anda menetapkan spesifikasi yang diperlukan, maka bagian purchasing akan meminta suplier untuk mengirimkan Technical Data Sheet atau TDS produk yang mereka miliki.

Nah, selanjutnya TDS produk yang akan disuplai kemudian dibandingkan dengan spesifikasi yang diperlukan.

Jika TDS bisa memenuhi spesifikasi yang diminta, maka proses selanjutnya adalah melakukan proses pembelian.

Pada saat barang dikirim, maka produk akan dilengkapi dengan Certificate of Analysis atau COA.

Di dalam dokumen COA terdapat hasil analisa laboratorium atau hasil pengukuran atas produk yang dimaksud, dengan jumlah parameter analisa dan unit (satuan) yang sama dengan yang tertera di dalam TDS.

COA dapat dikeluarkan oleh perusahaan yang membuat barang tersebut atau pihak lain yang memiliki kapasitas yang memadai.

Biasanya, jika perusahaan pembuat tidak mampu mengeluarkan COA, maka perusahaan akan menunjuk perusahaan atau lembaga lain yang sudah terakreditasi.

Mengapa harus terakreditasi?

Supaya hasilnya terpercaya.

Dari pemaparan di atas, kita bisa ambil beberapa kesimpulan untuk menjelaskan perbedaan COA dan TDS:

  • TDS adalah sebuah dokumen yang menjelaskan spesifikasi teknis dari suatu produk (bisa berupa bahan kimia, mesin, spareparts dan lain-lain).
  • COA adalah sebuah dokumen yang berisikan data teknis hasil pengukuran dari suatu produk (bisa berupa bahan kimia, mesin, spareparts dan lain-lain), yang memenuhi spesifikasi teknis tertentu (TDS).
  • TDS hanya dikeluarkan oleh perusahaan pembuat produk.
  • COA dapat dikeluarkan oleh perusahaan pembuat produk atau pihak lain yang memiliki kapasitas untuk melakukannya.